Apa itu Viral Marketing ? Kelebihan, Kekurangan, dan Strateginya
Dikutip dari Investopedia, viral marketing adalah usaha menyebarkan informasi tentang produk atau layanan dari orang ke orang melalui mulut ke mulut atau berbagi melalui internet atau email. Tujuan adalah menginspirasi individu untuk berbagi pesan pemasaran kepada teman, keluarga, dan individu lain untuk menciptakan pertumbuhan besar dalam jumlah penerimanya, Viral marketing seolah-olah bekerja seperti sebuah virus. Virus harus menembus sebuah sel terlebih dahulu sebelum menduplikasi dirinya dan menginfeksi sel baru. Sama dengan viral marketing yang harus bisa menarik perhatian seseorang sebelum akhirnya disebarkan kepada orang lain.
Suatu produk dari brand tertentu menjadi viral karena adanya elemen-elemen yang mendukung promosi tersebut. Menurut Market Splash, ada 3 elemen yang mendukung produk tersebut menjadi viral, antara lain: Pesan, Audiens, Lingkungan
Pesan merupakan konten yang merepresentasikan suatu brand, tanpa pesan suatu produk akan dianggap membingungkan dan tidak memiliki arah.
Audiens merupakan orang-orang yang menerima pesan/informasi yang disebarkan.
Lingkungan sendiri tidak hanya tentang social media tapi juga tentang kebudayaan, ekspektasi, dan perilaku konsumen.
Kelebihan Viral Marketing
Ada banyak keuntungan yang bisa teman-teman umkm didapatkan. Berikut beberapa di antaranya:
1. Murah
2. Mudah Menjangkau Audiens
3. Audiens Turut Berpartisipasi
4. Meningkatkan Brand Awareness
5. Kesempatan Diliput oleh Berbagai Media
Strategi Melakukan Viral Marketing
Sudah tahu apa saja kelebihan dari viral marketing. Sekarang waktunya teman-teman umkm menyiapkan strategi melalui langkah-langkah berikut. Strategi ini bisa berlaku untuk segala jenis bisnis apapun, termasuk bisnis yang kecil.
1. Pahami audiens
2. Manfaatkan tren
3. Tingkatkan emosi audiens
4. Buat konten mudah dibagikan
Kekurangan Viral Marketing
Tidak ada satupun strategi yang berjalan tanpa resiko, termasuk viral marketing. Teman-teman umkm harus mengenali apa saja kekurangan dari strategi ini.
1. Berpotensi Mendapatkan Citra Negatif
2. Dianggap Spam
3. Sulit Diprediksi
Viral marketing memiliki skenario hit or miss atau bisa berhasil bisa tidak. Walaupun ada strategi tertentu untuk membuat konten viral, tetapi strategi ini lebih sulit diprediksi dibanding strategi lainnya. Beberapa iklan bisa saja viral dalam waktu singkat. Tetapi, ada beberapa diantaranya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Ide kreatif sangat diperlukan di dalam viral marketing.
Viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan pada bisnis Sahabat Wirausaha. Viral marketing tidak akan berhasil tanpa adanya kreativitas. Meskipun terlihat sederhana, strategi marketing ini harus dijalankan dengan perencanaan yang matang. Penerapannya harus dirancang dengan baik supaya eksekusi yang dilakukan juga akan berjalan sesuai dengan ekspektasi.
Referensi :niagahoster.co.id, glints.com, jurnal.id, lingkaran.com, investopedia.com, What Is Viral Marketing? Full Definition & Best Examples (marketsplash.com)