2 Tips jitu yang harus UMKM Ketahui !
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini banyak beralih ke platform digital. Untuk bisa bersaing di era digital yang semakin kompetitif, pelaku usaha khususnya UMKM dituntut bisa menguasai dua hal yaitu copywriting dan foto produk.Aris Wibowo, Penanggung Jawab Strategic Corporate Branding dan TJSL PERURI mengatakan branding yang kuat merupakan faktor utama dalam pengelolaan bisnis UMKM untuk tampil lebih profesional dan menarik perhatian lebih banyak konsumen."Para UMKM yang dikurasi bersama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat, dibekali pelatihan branding khususnya terkait teknik copywriting yang baik dan foto produk. Copywriting akan membantu UMKM menyampaikan pesan yang relevan dan menarik kepada target audiens, sementara pelatihan foto produk dapat meningkatkan kualitas visual produk yang dipasarkan, sehingga mampu bersaing dengan brand besar," katanya di Jakarta, Selasa (15/10/2024).Dengan semakin banyaknya UMKM yang beralih ke platform digital, paparnya, visual dan pesan yang disampaikan menjadi aspek penting untuk menarik konsumen. Copywriting yang tepat dapat mengomunikasikan manfaat produk dengan jelas, sedangkan foto produk yang menarik akan meningkatkan daya tarik visual di marketplace atau media sosial, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan penjualan.Saat ini, Peruri telah menggelar pelatihan kepada 40 pelaku UMKM terkurasi dengan tema branding untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas."Sebagai komitmen kami dalam memajukan usaha UMKM, PERURI secara konsisten memberikan berbagai pelatihan yang relevan dengan kebutuhan saat ini. Tujuan utamanya membuat para UMKM menjadi tangguh dan mandiri, sehingga dapat bersaing di pasar nasional maupun global. Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat membantu UMKM memperkuat fondasi bisnisnya, menghadapi tantangan digitalisasi, dan mengoptimalkan peluang yang ada di pasar internasional," katanya.PERURI memiliki program Peruri Digital Entrepreneur Academy yang bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pemanfaatan digitalisasi hingga menembus pasar global. Program inkubasi intensif untuk UMKM ini telah sukses dilaksanakan sejak tahun 2022 dan akan terus dilaksanakan setiap tahun.Baca artikel detikfinance, "UMKM Mau Naik Kelas? Harus Bisa Kuasai Dua Hal Ini"
Sumber : Detik.com